Aturan dalam Pascal

ATURAN DALAM PASCAL

"Sudah susah payah membuat program dengan Turbo Pascal, kok tidak bisa di-run?  Jadi malas belajar Pascal, susah sih!."

Teman-teman pasti pernah mengucapkan perkataan seperti itu, termasuk juga saya (hehehe). Biasanya kejadian seperti itu akibat ketidaktahuan kita pada beberapa aturan yang ada di Pascal. So, agar program kita bisa jalan, yuk! kita pelajari beberapa aturan dalam PASCAL berikut ini.


APA SAJA ATURAN YANG HARUS DIKETAHUI DALAM MEMBUAT PROGRAM DENGAN TURBO PASCAL?

1)   Penamaan  judul program, variabel, label,  prosedur, konstanta dan fungsi tidak  boleh menggunakan  reserved words  yaitu  : kata-kata baku y ang digunakan  dalam program dan  sudah  terintergrasi  dalam  pascal  dan  juga  mempunyai  bentuk  serta  kegunaan tertentu yang telah didefinisikan oleh Pascal. Contoh :
AND  DOWNTO  IN  OF  STRING   ASM  ELSE  INHERITED  OR  THEN   ARRAY  END  INLINE  PACKED  TO BEGIN  EXPORTS  INTERFACE  PROCEDURE  TYPE    CASE  FILE  LABEL  PROGRAM  UNIT CONST  FOR  LIBRARY  RECORD  UNTIL   CONSTRUCTOR  FUNCTION  MOD  REPEAT  USES   DESTRUCTOR  GOTO  NIL  SET  VAR   DIV  IF  NOT  SHL  WHILE   DO     IMPLEMENTATION   OBJECT   SHR     WITH
2)  Penamaan judul program, variabel, label, prosedur, konstanta dan fungsi bisa berupa karakter huruf maupun kombinasi huruf dan angka tetapi harus diawali dengan huruf.
3) Penamaan  judul  program,  variabel,  label,  prosedur,  k onstanta  dan  fungsi menggunakan huruf kapital maupun huruf kecil tidak dibedakan.
4)  Penamaan  judul  program,  variabel,  label,  prosedur,  konstanta  dan  fungsi  jika menggunakan  karakter  lain  yang  boleh  digunakan  adalah  garis  bawah  (_)  untuk pengganti  spasi  jika  nama  program/konstanta/variabel/prosedur  atau  fungsi  terdiri lebih dari satu kata.
5)    Program,  variabel,  konstanta,  label,  prosedur  maupun  fungsi  tidak  boleh  memiliki nama yang sama.
6)     Setiap  pernyataan atau statemen  harus diak hiri dengan tanda  titik koma  ( ;  ) kecuali untuk kasus khusus, misalnya statemen sebelum else.
Contoh program sederhana menggunakan bahasa Turbo Pascal :
program nama; {nama program}
uses wincrt; {definisi perangkat keras tampilan}
begin
write('Nama saya : Nunun');
write('NRP saya 1311100094);
end.

Ternyata aturannya cukup banyak yah? Tapi tak apalah, yang penting program kita bisa jalan. Jadi, ayo kita mulai membuat program dari pascal.
SELAMAT MENCOBA ^_^.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar